Menlu Iran Serukan Pengembalian Ketenangan Irak

Menteri Luar Negeri Iran, Manouchehr Mottaki, menyeru negara-negara tetangga Irak, membantu upaya mengembalikan keamanan, stabilitas dan ketenangan di negeri yang dikoyak perang tersebut.

Dalam sebuah pertemuan negara-negara tetangga Irak, dia mengatakan, seluruh pihak harus bekerja sama untuk membangun kembali Irak.

Merujuk pada prioritas utama yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Nouri al-Maliki selama tahun 2008 untuk menyelesaikan permasalahan Irak, dia meminta semua pihak mengerahkan seluruh upayanya untuk membantu pelaksanaan program-program itu, terutama negara-negara tetangga Irak.

Perlu untuk menyumbangkan lebih banyak bantuan berdasarkan situasi saat ini di negeri Irak, katanya.

Mottaki juga menyuarakan keprihatinannya atas berlanjutnya kehadiran kekuatan asing di Irak yang melindungi kelompok-kelompok teroris yang mengincar stabilitas dan keamanan negara.

Iran percaya bahwa bangsa Irak sebaiknya mengurus urusan mereka sendiri, tegas Mottaki.

Iran percaya bahwa tentara asing dan para penguasa adalah sebab utama kegelisahan dan krisis di negara itu, menurut Mottaki.

Iran secara keras juga menyuarakan dukungannya bagi program politik dan keamanan Maliki dan percaya jika penyusunan tenggat waktu untuk penarikan pasukan asing dari Irak sebagai suatu upaya yang sangat efektif untuk menyelesaikan permasalahan negara itu, kata Mottaki.

Menurut Mottaki, pembangunan persatuan dan pelaksanaan perundingan berkelanjutan di antara kelompok-kelompok politik Irak akan memainkan peran penting dalam menjaga identitas Irak sebagai negara Arab dan Islam.

Iran menyeru, penerapan keputusan-keputusan yang dibuat dalam pertemuan negara-negara tetangga Irak dalam rangka untuk mengembalikan stabilitas dan keamanan di Irak, kata Mottaki.

“Kami percaya, pembukaan kembali misi politik dari negara-negara tetangga Irak akan sangat efektif untuk mengembalikan stabilitas dan keamanan di Irak,”

Untuk menyelesaikan masalah Irak, kerja sama kolektif dari semua negara diperlukan, kata Mottaki.

Iran siap memperluas hubungannya dengan Irak dan akan bahu-membahu dengan bangsa Irak.

Kebijakan yang salah dari pasukan asing akan menyebarkan terorisme di Irak dan akan membahayakan keamanan negara-negara tetangga Irak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: