Tips Cara Makan Sehat

Sarapan Pagi

Why? Coz kadar gula terlalu cenderung rendah setelah tidur semalaman. Ini berarti otak perlu glukosa supaya bisa bekerja maksimal. So saat sarapan, makan semangkuk cereal atau roti. Bisa juga minum jus buah atau smoothie.

ý Makan Pelan – Pelan

Why? Mengunyah lebih lama (30 x) akan membantu air liur menghancurkna makanan yang kamu mam. Makanan yang halus lebih mudah dicerna dan perut tidak akan terasa kembung. Ingat : otak perlu waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal “ kEnyAnG “ ke perut. Jadi makan pelan – pelan bisa mencagah kamu makan terlalu banyak.

ý Porsi Kecil

Why? Terus – terusan makan porsi besar bisa bikin kamu gemuk. Kegemukan bisa merusak penampilan dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Stroke, diabetes serta kanker. Gawat, nich! Makanya kalau makan di restoran, pilih porsi kecil aja. Kalau setelah 20 menit masih lapar. Boleh dech satu porsi lagi.

ý Lebih Sering Makan

Why? Membiarka perut kosong selama 4 or 5 jam bikin kadar gula darah jadi rendah. Akibatnya kamu cenderung makan – makanan yang mengandung gula. Memang butuh cepat mendapat energi, tapi justru kamu akan merasa capek dan maih terasa lapar, nikamtilah cemilan sehat (misalnya buah apel) disela – sela waktu makan.

ý Pilih Makanan Berserat

Why? Makanan berserat bikin kenyang untuk waktu yang lama dan bisa menjaga keseimbangan gula darah sehingga kamu tetap bertenaga. Makanan berserat (buah – buahan, sayuran dan kacang – kacangan) juga bisa melancarkan buang air besar.

ý Makan Sewaktu Lapar

Why? Kalau doyan ngemil cokelat dan keripik saat lagi sedih or bosan, berate kamu harus hati – hati. Kebiasaan ini bisa bikin kamu gemuk. Gawat, kAn? Jadi saat ingin ngemil, pastikan kamu lapar banget atau lapar lagi. Kkalau tidak, tahan nafsu ngemil dan cari kegiatan yang bisa bikin kamu lupa sama keinginan kamu.

ý Nikmati Makan Penutup

Why? Makanan penutup adalah tanda bahwa acara makan sudah selesai. Kalau dinikmati segera sehabis makan, kamu jadi malas untuk tambah makanan lagi. Jadi kamu ngak kekenyangan lagi.

ý Cukup Tidur

Why? Orang yang capek makan lebih banyak dari pada yang cukup istirahat. Biar tetap segar, orang yang kurang tidur juga akan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Wah, bisa bahaya tuch! Makanya tidur 8 – 10 jam sehari dan kamu akan dapat masukan energi tanpa bantuan kafein.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: